Manfaat Jamur untuk Kesehatan dan Efek Samping yang ditimbulkan

03 May 2024
2742

Manfaat Jamur untuk Kesehatan dan Efek Samping yang ditimbulkan

Jamur yang kita kenal ada dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Jamur yang tidak beracun cukup sehat untuk dikonsumsi dan juga enak.

Selama bertahun-tahun jamur telah dikenal karena kemampuan unik mereka untuk menambahkan rasa dalam banyak masakan budaya yang berbeda. Meskipun sebenarnya jamur, 
jamur dikelompokkan dalam kategori sayuran untuk keperluan memasak.  Jamur memungkinkan Anda menambahkan rasa ekstra tanpa natrium atau lemak.

Jamur beracun sulit dikenali di alam liar, jadi Anda harus selalu membeli dari toko atau pasar yang dapat diandalkan.  Jenis yang paling umum ditemukan di toko kelontong adalah:

manfaat jamur

img source : tribun.com


Manfaat Nutrisi Makan Jamur

Jamur sangat bermanfaat untuk tubuh diantaranya karena bebas lemak, rendah sodium, rendah kalori,  dan bebas kolesterol. Mereka juga dikemas dengan serat, vitamin, dan mineral. Manfaat nutrisi bervariasi tergantung pada jenis jamur.  Tapi secara keseluruhan, jamur adalah sumber nutrisi yang baik. Berikut daftar manfaatnya :

Antioksidan :
Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas yang dapat  menyebabkan kondisi seperti penyakit jantung dan kanker.  Bisa juga melindungi anda dari kerusakan akibat penuaan dan meningkatkan sistem kekebalan Anda. Jamur kaya akan antioksidan yang disebut selenium. 

Gluken Beta :
Beta glucan adalah bentuk serat makanan larut yang sangat terkait dengan peningkatan kolesterol  dan meningkatkan kesehatan jantung. Ini juga dapat membantu tubuh Anda dalam mengatur gula darah,  mengurangi risiko diabetes tipe 2.  Jamur tiram dan shiitake diyakini memiliki beta glukan paling efektif.

Vitamin B :
Jamur kaya akan vitamin B: riboflavin, niasin, dan asam pantotenat. Kombinasi tersebut membantu melindungi kesehatan jantung.  Riboflavin baik untuk sel darah merah. Niasin baik untuk sistem pencernaan dan untuk menjaga kesehatan kulit.  Asam pantotenat baik untuk sistem saraf dan membantu tubuh membuat hormon yang dibutuhkan.

Tembaga :
Unsur tembaga membantu tubuh Anda membuat sel darah merah, yang digunakan untuk mengantarkan oksigen  ke seluruh tubuh. Mineral juga penting untuk proses lain dalam tubuh,  seperti menjaga kesehatan tulang dan saraf. Bahkan setelah dimasak,  1 cangkir jamur dapat menyediakan sekitar sepertiga dari jumlah tembaga yang 
direkomendasikan setiap hari.

Kalium :
Kalium sangat penting untuk fungsi jantung, otot, dan saraf. Ada sekitar potasium dalam 2/3 cangkir jamur Portobello yang dimasak seperti  halnya pada pisang berukuran sedang.

 

bahaya konsumsi jamur berlebih

img source: OkeZone.com

Efek buruk mengkonsumsi jamur berlebihan / jenis yang salah

1. Meningkatkan risiko berbagai penyakit
Beta-glukan yang terdapat pada jamur memang dapat mencegah berbagai penyakit. Namun, kelebihan beta-glukan dalam tubuh akan meningkatkan risiko terkena penyakit lupus, asma, rematik, dan multiple sclerosis. 
Namun hingga kini, penelitian belum menyimpulkan seberapa banyak kandungan beta-glukan dapat menyebabkan penyakit-penyakit tersebut.

2. Keracunan
Keracunan bisa terjadi ketika mengonsumsi jamur yang terkontaminasi Camplylobacter jejuni, yaitu bakteri yang bisa muncul pada jamur.  Dilansir dari Live Strong, Al Wagner dan Texas Agricultural and Mechanical College, keracunan ini menyebabkan mual, diare, atau kram perut.

Mengonsumsi jamur liar seperti jamur amanitas dan jamur cokelat dapat menyebabkan kematian. Sebuah studi juga menemukan bahwa beberapa jamur liar mengandung logam berat dan bahan kimia berbahaya. Jamur yang tumbuh di area industri, kemungkinan besar mengandung arsenik yang sebaliknya dapat meningkatkan penyakit kanker.

3. Alergi
Spora yang dihasilkan oleh beberapa jamur dapat menyebabkan reaksi alergi ekstrem pada orang tertentu.  Spora tersebut terbang di ke udara di lingkungan yang lembap. Apabila tercium oleh orang yang memiliki alergi, spora jamur akan menyebabkan infeksi pernapasan, penyakit asma, atau paru-paru.

Untuk itu, agar terhindar dari efek buruk jamur, pastikan Anda hanya mengonsumsi jamur yang dijual di tempat terpercaya.  Jangan sembarangan mengonsumsi jamur yang tumbuh di lingkungan rumah Anda, maupun saat Anda sedang camping di kebun atau hutan.  Hindari mengonsumsi jamur yang tidak Anda ketahui jenisnya. Kemudian pastikan pengolahan jamur dilakukan dengan baik (dicuci dan dimasak).

4. Psikosis
Menurut National Institute on Drug Abuse, salah satu jamur, yaitu psilocybin (magic mushroom) dapat menyebabkan halusinasi, perilaku irasional, persepsi penglihatan atau suara yang menyimpang, menjauhkan diri dari orang lain dan lingkungan.

Perubahan psikosis itu terjadi setelah 20 menit dikonsumsi dan efeknya bisa bertahan hingga enam jam. Selain itu, mengonsumsi jamur ini dapat menyebabkan kelemahan otot, mengantuk, mual, muntah, dan ataksia (kehilangan kendali atas fungsi tubuh).

imgsource: klikdokter

Daftar jenis jamur yang aman dikonsumsi :

 

1 Jamur Kuping

Jamur yang mempunyai berbagai varian seperti jamur kuping putih, jamur kuping hitam, dan jamur kuping merah ini adalah salah satu jamur yang paling sering kita jumpai. Jamur ini cocok disajikan dengan sayur sop dengan kuah penuh rempah .Jamur jenis kuping mempunyai khasiat dapat mengatasi panas dalam, menurunkan tekanan darah tinggi, dan penyumbatan pembuluh darah.

2 Jamur tiram

Penyuka jamur crispy pastinya tidak asing lagi dengan jamur yang satu ini.  Biasa disajikan dengan gorengan tepung, jamur satu ini menjadi kudapan yang istimewa. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan memberikan bumbu pedas ataupun manis sesuai selera. Jamur ini mempunyai bentuk seperti kerang dengan bentuk ukiran di bawah kelopaknya.  Jamur satu ini biasanya memiliki warna pigmen putih kusam.

3 Jamur enoki

Jamur enoki merupakan salah satu jenis premium cukup banyak dikonsumsi dengan panasnya kuah gurih dengan taburan bawang putih. Jamur yang mempunyai nama latin Flammulina velutipes ini hanya dapat tumbuh di tempat yang mempunyai iklim dingin saja. Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena jamur enoki sudah banyak dijual di pasaran. Jamur ini mempunyai khasiat dapat melancarkan buang air besar dan membersihkan pencernaan kamu

4 Jamur merang
Jamur satu ini sering dijadikan bahan tambahan dalam pembuatan cream soup,  ataupun pasta lainya karena teksturnya yang lembut. 
Manfaat dari jamur merang cukup banyak yaitu sebagai mencegah pertumbuhan kanker,  memperkuat sistem tubuh sampai dapat mendukung program diet kamu.

Jamur lezat yang satu ini juga gampang ditemukan di pasaran, karena gampang dibudidayakan di iklim tropis.

Kaldu jamur vegan natural siap untuk segala resep masakan 

5 Jamur kancing
Sama seperti jamur merang jamur satu ini cocok untuk dihidangkan bersama pasta ataupun makanan western lainnya. 
Sedikit perbedaanya adalah jamur ini lebih cocok disajikan bersama tumisan sayur yang biasa kamu lihat di Chinese food.

Nama ilmiah jamur satu ini yaitu Agaricus bisporus, yang dapat menurunkan kolesterol, menangkal radikal bebas dan menambah jumlah sel darah merah karena mengandung asam folat. Teksturnya yang sedikit besar pastinya akan menambah cita rasa gurih pada tumisan sayur kamu, bukan?

6 Jamur Shimeji
Macam-macam jamur memang beragam serta tersebar di seluruh dunia.  Jenis jamur Shimeji yang punya bayang tipis, ringan, dengan topi berwarna cokelat  memang sedikit mirip dengan jamur Enokitake tetapi tangkainya kali ini lebih pendek.

Cocok dicampurkan dalam nasi goreng, sup dan disiram saus.Untuk pengolahannya jamur satu ini wajib dimasak sampai matang. 
Jamur satu ini dapat mengatasi nyeri ulu hati, membantu massa otot, mengobati meriang dan masuk angin.

7. Manfaat Jamur Shiitake / Shitake
Jamur yang berasal dari Jepang ini sangat dibudidayakan dengan serius di Jepang.   Di Tiongkok jamur shitake telah dibudidaya secara turun temurun, tidak heran jika harga jamur ini sedikit lebih mahal.

Kamu dapat memasak jamur ini sebagai campuran sup miso atau gorengan pendamping tempura. Adapun manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi jamur shiitake adalah melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan kekuatan tubuh, dan memelihara kesehatan jantung hingga mengontrol kolesterol. 

8. Jamur Matsutake
Jamur matsutake merupakan jamur premium yang mahal. Jamur ini hanya dapat dipanen pada musim gugur Aroma wangi yang keluar dari jamur ini juga sangat menggugah selera kamu untuk memakannya Jamur ini bisa kamu makan dengan dipanggang sebentar ataupun di olah sebentar sehingga terasa 
fresh saat masuk di mulut kamu.

9. Jamur Truffle
Berikut ini adalah salah satu jamur premium yang banyak dikonsumsi di Eropa.  Jamur eksklusif ini hanya tumbuh di akar pohon. Penyebaran spora jamur ini diperoleh melalui 
fungivora, hewan yang mengkonsumsi jamur-jamuran.

Karena mendapatkannya sangat sulit jamur ini terbilang langka, oleh karena itu jamur truffle sangat mahal. Mungkin kamu dapat menemukan jamur ini hanya di hotel-hotel bintang lima  disajikan dengan sup atau pun pasta.

10 Jamur lingzhi
Jamur Lingzhi dulu disebut jamurnya para raja, karena hanya para raja saja yang bisa memakannya. Jamur satu ini dipercaya mempunyai khasiat yang luar biasa, salah satunya yaitu mengandung zat anti HIV dan anti alergi alami Jamur yang berasal dari Cina ini dapat kamu temukan di pasaran, walaupun harganya yang cukup mahal

11. Jamur Maitake
Jamur satu ini tergolong langka dan harganya yang mahal. Jamur Maitake biasa disajikan  dengan nasi panas dengan campuran sushi dan kecap asin ala Jepang. 
Walaupun bukan termasuk obat herbal tetapi jamur maitake mempunyai khasiat yang sangat luar biasa

Didedikasi sebagai salah satu jamur melawan kanker, jamur ini menjadi salah satu jamur yang dicari. Selain itu jamur ini juga dapat menurunkan tekanan darah serta mengendalikan kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Maka tak heran maitake dibanderol mahal.


12 Jamur Portobello
jamur yang berwarna kecoklatan ini termasuk dalam jenis jamur besar. Dengan lingkar kelopak sampai 13 meter, jamur portobello cocok untuk dikonsumsi dengan cara dipanggang, 
ditumis ataupun dicincang menjadi campuran hamburger. Sebelum kamu mengonsumsinya ada baiknya kamu mencuci jamur ini karena baunya yang cukup tajam.
 Jamur ini dapat men regenerasi sel-sel yang rusak dalam tubuh dan mengandung vitamin B kompleks.

13 Jamur morel
Jamur morel adalah salah satu jamur yang mempunyai antioksidan yang tinggi.  Jamur ini disebut sebagai salah satu yang termahal, karena sulit untuk ditemukan dan susah 
untuk dibudidayakan. Tahukah kamu jamur morel menjadi jamur termahal di gunung Rinjani? Jamur ini menjadi  jamur termahal kedua setelah jamur Truffle. Jamur morel mempunyai bentuk sangat unik  dengan kelopak bolong-bolong kecil.

14 Jamur lions mane
Jamur yang memiliki nama ilmiah Hericium erinaceus bisa kamu temukan di China,  Jepang, Amerika utara dan Eropa. Jamur ini tampak seperti gumpalan berambut 
dengan warna putih sampai krem.

Rata-rata berukuran 5-40 cm. Jika dimasak, rasanya seperti daging lobster yang  dimasak dengan mentega. Jamur yang biasa dipanggil jamur pompom ini banyak digunakan 
dalam pengiobatan tradisional Tiongkok.

Karena dipercaya dapat berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga mengobati diabetes. Dengan khasiatnya yang begitu banyak maka tidak heran harga  jamur ini cukup mahal.

15 Jamur porcino

Satu lagi jamur yang mempunyai khasiat yang luar biasa, yaitu jamur porcino.  Jamur yang mempunyai warna kecoklatan ini dapat menangkal penyakit saat bertambahnya usia.

Dengan antioksidan yang tinggi jamur ini mampu meregenerasikan tubuh. 
Jamur yang berasal dari Italia ini sering disebut jamur si bayi babi karena payung jamur dan batangnya yang lembut dan tebal mirip dengan tampilan anak babi.

Jamur ini dijual dengan harga relatif mahal di Jakarta, oleh karena itu sebaiknya kamu cari tahu dulu bagaimana cara mengolah jamur satu ini.

 

Share
  • kaldu jamur non msg
notifikasi (0)
Tanya tanya
Tanya tanya

Halo vegans! Kamu dapat menghubungi Costumer-Service kami melalui link Whatsapp berikut.