Bahaya Mie Instan bagi Perempuan dan untuk Anak

03 May 2024
356

Bahaya Mie Instan bagi Perempuan dan untuk Anak

A. Bahaya Mie Instan untuk Anak

Bahaya mie instan sebenarnya sudah diketahui oleh hampir semua orang. Namun kebanyakan dari mereka justru menganggapnya hal yang sepele, bahkan sebagian orang tua menganggap mie sebagai makanan andalan untuk sarapan si buah hati karena kemudahan penyajianya.

Mie instan dikenal sebagai makanan yang lezat tapi membahayakan kesehatan. Bahkan sampai mengakibatkan 40% anak di bawah umur mengalami malnutrisi.

Sebenarnya, hampir semua orang sudah menyadari bahwa mie instan merupakan makanan yang tidak menyehatkan. 
Namun, itu kerap kali diabaikan, dan hingga sampai saat ini mie instan masih menjadi makanan yang populer karena rasanya yang gurih dan penyajiannya yang praktis.

Bahkan banyak orang tua yang yang justru memberi makan anak mereka dengan mie instan tanpa memikirkan efek jangka panjang yang akan dialami oleh anak mereka.

 


1. Pencernaan anak menjadi tergganggu

Walaupun mie instan sangat lezat dan praktis pengolahannya, ketika anak terlalu sering mengonsumsinya juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan pencernaannya. Karena mie instan dapat menghambat nutrisi yang masuk ke dalam tubuh karena kurangnya mineral dan vitamin.

Akibatnya pencernaan anak menjadi terganggu dan memerlukan bantuan mineral serta nutrisi yang banyak.

Akibat terganggunya pencernaan anak, ia bisa berisiko mengalami gangguan seperti sembelit,kembung, bahkan usus bocor.

2. Propylene glycol yang berisiko mengganggu organ tubuh anak yang belum berkembang sempurna

Selama berada di dalam kemasan dan proses distribusi, Mie tidak boleh dalam kondisi yang kering dan harus mempertahankan kelembabannya,  agar menjadi lebih nikmat ketika di masak.

Untuk menjaga kelembabannya, dalam mie instan terdapat propylene glycol atau propilena glikol saat pengolahan mie instan. Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan berisiko lebih tinggi saat sering mengonsumsi bahan kimia ini.

Organ tubuh anak-anak yang belum berkembang sempurna, dapat membuat propylene glycol yang ada dalam mie instan terkumpul sangat cepat di dalam hati, jantung, serta ginjalnya.

3. Mengandung MSG yang bisa menyebabkan kerusakan pada otak anak

Monosodium Glutamate atau dikenal dengan MSG ini merupakan hal yang paling penting dalam mie instan, karena fungsinya tentu saja untuk membuat rasa mie instan menjadi lebih nikmat. Sehingga, MSG adalah kandungan yang cukup tinggi dalam mie instan.

Namun, bahan kimia ini dapat berbahaya bagi anak-anak. Karena, diketahui dapat menyebabkan kerusakan pada otaknya jika dikonsumsi terus menerus.

Selain itu, MSG juga sering dikategorikan sebagai pengganggu kesehatan anak karena dapat menimbulkan beragam penyakit berbahaya, bahkan kematian.

4. Kandungan sodium yang tinggi dapat mempengaruhi organ vital tubuh anak

Mie instan juga memiliki kadar garam dalam jumlah yang tinggi untuk mengawetkannya dalam kemasan.

Sodium adalah unsur utama dalam garam yang digunakan pada mie instan. Kandungan ini dapat memengaruhi organ vital tubuh anak dan menyebabkan kerusakan saat dikonsumsi secara berlebihan.

Ketika Mama memeriksa berapa persen kadar natrium atau sodium dalam satu bungkus mie instan, jika jumlahnya sudah cukup besar bagi orang dewasa, maka bagi usia anak, jumlah tersebut bisa melebihi kebutuhan natrium dan sodium dalam sehari.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, 1 dari 6 anak berusia 8-17 tahun, memiliki tekanan darah yang tinggi. Walaupun efeknya tidak segera terlihat, tekanan darah tinggi juga merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Kandungan karsinogenik yang berisiko menyebabkan kanker pada anak

MSG yang dikonsumsi secara terus menerus dengan porsi yang berlebihan diketahui bersifat karsinogenik, sehingga bisa berisiko menyebabkan kerusakan pada otak anak.

Mie instan banyak disukai karena bahan-bahan ini bertindak sebagai aditif rasa. Bahan kimia lainnya seperti dioksin dan plasticizer juga bersifat karsinogenik. Bahan ini merupakan bahan kimia berbahaya yang ditemukan dalam kemasan mie instan.

Umumnya, dioksin dan plasticizer dikandung dalam kemasan cup yang bisa tercampur dengan mudah ketika memasukkan air panas ke dalamnya saat mie di seduh.

Para ahli juga mengatakan bahwa bahan kimia ini dapat menyebabkan kanker jika dikonsumsi anak terus menerus.

7. Berisiko menyebabkan organ hati anak rusak dan melemahkan sistem kekebalan tubuhnya

Anak yang terlalu sering makan mie instan juga berisiko merusak organ hati nya. Karena terdapat kandungan bahan anti beku yang ada dalam mie instan, bernama Humektan. Bahan ini berpotensi membuat organ hati anak menjadi rusak.

Kandungan Humektan ini berfungsi untuk membuat mie cepat mengering.

Namun, jika terlalu banyak masuk ke dalam tubuh anak, dapat merusak organ hati dan melemahkan sistem kekebalan tubuhnya.


Bahaya mie instan untuk ibu hamil

 

Bahaya Mie Instan bagi Perempuan 

B. Bahaya Mie Instan untuk wanita jika dikonsumsi Saat Hamil ?

 

Makan mie instan selama kehamilan sepertinya pilihan yang bagus, karena enak, penuh bumbu, dan bisa dimasak dengan cepat.  Namun, tidak aman untuk memakannya selama kehamilan. Seperti yang kita bahas sebelumnya, mie instan tidak menawarkan nilai gizi apa pun dan  hanya memuaskan rasa lapar untuk jangka waktu tertentu, jadi menghindari untuk mengkonsumsinya adalah ide yang bagus. 

Zat berbahaya lain yang terkandung dalam mie instan adalah MSG, yang dapat membahayakan bayi jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari makan mie selama kehamilan.

Ketahui kebutuhan gizi minal ibu yang sedang hamil

Kandungan dalam mie instan yang berbahaya jika dikonsumsi oleh orang yang sedang hamil

Ada beberapa bahan yang terkandung dalam mie instan yang dapat menimbulkan risiko bagi si kecil tumbuh di dalam rahim,  jadi Anda sebaiknya tidak memasukkannya ke dalam makanan Anda. Beberapa bahan berbahaya nya diantaranya:

 

1. Maida

Maida adalah tepung olahan yang tidak memiliki nilai gizi sama sekali karena benar-benar dihilangkan nutrisinya selama proses pemurnian.  Ini juga sulit dicerna dan tetap berada di dalam sistem pencernaan untuk jangka waktu yang lebih lama. 

Ini juga rendah serat dan dapat menyebabkan sembelit pada kehamilan.

2. Garam

Mie mengandung banyak garam dan dapat mempengaruhi kehamilan Anda jika Anda sering memakannya. Dan terlalu banyak asupan natrium selama kehamilan dapat membuat Anda rentan terhadap hipertensi dalam jangka panjang.

3. Pengawet

Mie instan memiliki pewarna buatan dan aditif rasa yang bertujuan untuk memperpanjang umur simpan mie, tetapi ini dapat menghambat pertumbuhan bayi Anda.

4 Lemak Trans

Ditemukan dalam jumlah besar dalam makanan olahan, mereka dapat meningkatkan kadar kolesterol selama kehamilan. Oleh karena itu, hindari mie dan makanan olahan sebanyak mungkin selama kehamilan.

 

Mie instan Vegan solusi untuk anda pecinta mie dan tetap sehat tanpa efek samping Mie sayur lodjinawiMie sayur javaraMie daaiMie kering shirataki

 

Share
  • makanan untuk diet alami
  • tips kesehatan alami
notifikasi (0)
Tanya tanya
Tanya tanya

Halo vegans! Kamu dapat menghubungi Costumer-Service kami melalui link Whatsapp berikut.