Manfaat Nutritional Yeast untuk Tubuh dan Keshatan

03 May 2024
667

Manfaat Nutritional Yeast untuk Tubuh dan Kesehatan

Nutritional yeast juga disebut NOOCH merupakan ragi yang mengandung banyak manfaat, ragi jenis ini dibuat dengan melibatkan spesies ragi yang dikenal sebagai Saccharomyces cerevisiae, jenis ragi yang sama yang digunakan untuk memanggang roti dan membuat bir .

Namun, ragi nutritional adalah versi yang sudah di nonaktifkan, artinya, kamu tidak dapat menggunakannya untuk membuat roti atau bir.

Beberapa penelitian menunjukan bahya nutritional yeast mengandung beberapa manfaat kesehatan, seperti menurunkan kolestrol hingga perlindungan dari kerusakan sel yang menyebabkan penyakit.

 


Nutritional yeast buat apa ?

A. Nutritional yeast untuk mpasi

Nutritional yeast ber manfaat untuk membuat MPASI,

Nutritional yeast dapat ditujukan untuk bayi untuk menyediakan nutrisi berupa vitamin B12, jumlah yang direkomendasikan untuk anak berusia 1-3 tahun adalah 0,9 mcg per hari. 

Sekitar dua sendok teh nutritional yeast yang telah terfortifikasi mengandung vitamin B12 sebanyak 2,4 mg per hari untuk orang dewasa.

Oleh karena itu, kurang dari satu sendok teh per hari harusnya sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin B12 untuk anak-anak. 

Penting untuk kamu ingat, pemberian nutritional yeast dapat bervariasi sesuai merek dan porsi makan anak ya.

Namun, nutritional yeast dapat memiliki beberapa efek samping bagi bayi. Kandungan seratnya yang tinggi bisa menyebabkan gangguan pencernaan jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Apalagi kalau bayi tidak terbiasa mengonsumsinya dalam menu MPASI.

Beberapa bayi mungkin mengalami reaksi khusus saat makan nutritional yeast. Misalnya, wajah memerah yang disebabkan tingginya niasin atau vitamin B3.

Meski begitu, efek samping ini tidak berbahaya karena akan hilang dengan sendirinya. 

 

B. Nutritional yeast untuk masakan

Nutritional yeast dapat membuat masakan lebih gurih ,Apa yang membuat kaldu jamur gurih? ini karena ekstrak ragi dari jamur yang dikeringkan. Biasanya, kaldu jamur sebagai penyedap rasa makanan biasa digunakan sebanyak 1-2 sendok makan per hari.

Kaldu alami jamur sering dipakai dalam campuran makanan, seperti:

  • Ditaburi di atas popcorn atau olahan pasta
  • Menjadi bahan campuran sup untuk menciptakan rasa umami
  • Dicampur dalam masakan apapun sebagai penyedap rasa

 

Kaldu Jamur vs Nutritional Yeast Perbedaan Keduanya

Dilansir dari klikdokter Nutritional yeast adalah ragi jamur yang dinonaktifkan. Sedangkan kaldu jamur yang dikenal di pasaran adalah kaldu yang terbuat dari jamur (bukan ragi). Kaldu jamur diolah dengan cara dikeringkan dan diproses menjadi bubuk.


Nutritional yeast benefit

1. Mencegah kekurangan vitamin B12
Vegan dan vegetarian yang tidak mengonsumsi produk hewani yang menjadi sumber alami vitamin B12 lebih rentan mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin B12 maka nutritional yeast adalah solusi dari pola hidup vegan tersebut.

2. Membantu perkembangan dan pemulihan otot
Dalam 1 sendok makan kaldu jamur mengandung sekitar 2 gram protein. Hal ini tentu dapat memenuhi sekitar 8 persen kebutuhan protein harian Anda.

3. Manfaat nutritional yeast dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kaldu jamur mengandung alfa-mannan dan beta-glukan, yang menurut penelitian dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Memerangi radikal bebas
Paparan radikal bebas berpotensi menimbulkan kerusakan sel tubuh. Antioksidan dapat membantu melawan kerusakan ini dengan mengikat radikal bebas.

Kaldu jamur merupakan salah satu makanan tinggi antioksidan kuat, seperti glutathione dan selenomethionine, yang mencegah kerusakan dan membantu tubuh menghilangkan racun.

Serat beta-glukan yang terdapat dalam nutritional yeast membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap risiko infeksi virus dan bakteri.

5. Menurunkan kadar kolesterol
Selain itu, beta-glukan yang ada pada kaldu jamur juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam aliran darah Anda.

Penelitian pada partisipan laki-laki dengan kolesterol tinggi yang mendapatkan asupan 15 gram beta-glukan dari ragi setiap hari selama 8 minggu, terbukti dapat menurunkan total kolesterol hingga 6 persen.

6. Membantu mengelola diabetes
Nutritional yeast juga dapat bermanfaat dalam jenis makanan dengan indeks glikemik (IG) rendah sehingga dapat membantu penderita diabetes mengelola kondisinya.

7. Meringankan sindrom iritasi usus besar
Kaldu jamur yang berasal dari jamur Saccharomyces cerevisiae juga dapat membantu meringankan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS).

Sebuah studi dalam World Journal of Gastroenterology menunjukkan penurunan nyeri perut dan kembung dengan konsumsi 500 mg kapsul S. cerevisiae per hari selama 8 minggu.

 

 


Nutritional Yeast Harga 

Harga nutritional yeast di indonesia bervariasi , Dengan berat 100gram kurang lebih seharga Rp 60.000 , 500gram kurang lebih Rp 300.000 dan seterusnya, kamu dapat membeli nutritional yeast di toko kebutuhan organik / plant based seperti di Veganesia.

 


 

Simak artikel menarik lainya :

 

 
 

 

Share
  • bumbu
notifikasi (0)
Tanya tanya
Tanya tanya

Halo vegans! Kamu dapat menghubungi Costumer-Service kami melalui link Whatsapp berikut.